Jumat, 08 Februari 2013

BANTUAN DESAIN KEMASAN DAN KEMASAN BAGI IKM



Di Kabupaten Tegal terdapat  banyak industri kecil menengah (IKM) yang tersebar hampir di seluruh wilayah kabupaten Tegal. IKM yang ada terdiri dari berbagai macam bidang, yaitu  industri perlogaman, industri aneka makanan, dan industri kerajinan. Berbagai kendala dihadapi para pengusaha IKM, salah satunya adalah masalah dalam kemasan produk.
Di zaman serba penuh persaingan, kemasan sangat penting bagi produk. Saat ini kemasan merupakan salah satu media promosi yang penting dan terbukti dapat mendongkrak penjualan. Kemasan dapat diibaratkan dengan pakaian. Jika pakaian yang dikenakan seseorang tidak rapih dan kotor, pasti semua orang disekelilingnya menjauhi orang tersebut. Begitu pula dengan kemasan produk. Jika kemasan tidak bagus, bahkan jika tidak memiliki kemasan, maka produk tersebut akan semakin dijauhi konsumen.
Kemasan OKeyy
Untuk mengatasi masalah tersebut, Kementrian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin), yang berada di Jakarta Selatan memberikan solusinya. Kementrian Perindustrian memberikan bantuan desain kemasan dan kemasan kepada IKM di seluruh wilayah Indonesia.  Persyaratan yang perlu dipenuhi agar dapat mendapatkan bantuan tersebut adalah sebagai berikut:
1.                Surat pengantar dari Kepala Dinas Perindustrian setempat,
2.                Formulir pengajuan bantuan desain kemasan, dan
3.                Contoh produk dan dimensi produk
Dalam pengajuan bantuan ini, biasanya dilakukan secara kolektif oleh Dinas Perindustrian setempat. Sebanyak dua puluh IKM dapat direkomendasikan untuk mendapatkan bantuan kemasan dan desain kemasan tersebut. Bantuan kemasan dan desain kemasan diberikan kepada maksimal tiga IKM yang direkomendasikan dinas terkait daerah setempat. Sedangkan untuk bantuan desain kemasan diberikan kepada seluruh IKM yang sudah direkomendasikan. Lama waktu pengajuan hingga bantuan didapatkan adalah maksimal satu tahun. Walaupun jangka waktu cukup lama, namun semoga dapat bermanfaat bagi kemajuan IKM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar