Senin, 06 Oktober 2014

Tegal Punya yang Baru "KA TEGAL BAHARI"

KA Tegal Bahari
Tegal merupakan salah satu daerah di provinsi Jawa Tengah yang memiliki wilayah strategis. Tegal memiliki berbagai maca jalur transportasi yang menghubungkan antar daerah. Salah satunya adalah jalur darat yang memanfaatkan kereta api.

Siapa yang tidak mengenal kereta api??? Yap, kereta api merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena bebas dari macet. PT Kereta Api Indonesia (Persero) selalu berusaha memberikan pelayanan yang maksimal dan inovasi-inovasi terbaru guna meningkatkan kenyamanan bagi penggunanya.

Sabtu, 4 Oktober 2014, pukul 16.30 WIB di Stasiun Tegal, dalam rangka mengangkat citra dan memperkenalkan ciri khas daerah Tegal, PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan produk layanan bernama "KA Tegal Bahari" yang melayani relasi Tegal-Gambir Jakarta (pulang-pergi).
Peluncuran KA ini merupakan bentuk rebranding dari KA Cirebon Ekspres relasi Tegal - Gambir Jakarta (pulang-pergi) guna memberikan nilai informatif sekaligus kebanggaan bagi para penumpang khususnya di wilayah Tegal, maka nama Cireks (Cirebon Ekspres) diganti menjadi KA Tegal Bahari.
Adapun yang menjadi daya tarik dari KA Tegal Bahari ini adalah dari tampilan interior maupun eksterior gerbong kereta yang mempunyai tampilan khas berupa ornamen batik tegalan.

Interior KA Tegal Bahari
Penggantian nama KA Cirebon Ekspress menjadi Tegal Bahari adalah usulan langsung Wali Kota Tegal Siti Masitha kepada Direktur Utama PT KAI (Persero) Ignasius Jonan pada 6 Agustus lalu. Dalam kesempatan itu wali kota meminta PT KAI ikut mempromosikan desain batik dan potensi Kota Tegal pada branding kereta api. "Kadang penumpang kebingungan ketika akan melakukan perjalanan ke Tegal nama keretanya Cirebon Ekspres, jadi perubahan nama sendiri diharapkan bisa membuat masyarakat lebih nyaman," tuturnya.

Susunan rangkaiannya terdiri dari empat gerbong kereta kelas eksekutif dan tiga gerbong kereta kelas bisnis, dengan total daya kapasitas tampung penumpang berjumlah 392 orang. Tarif yang dikenakan yaitu sebesar Rp 80.000 hingga Rp 230.000.
Jadwal pemberangkatan KA Tegal Bahari diantaranya:
Jadwal KA TEGAL BAHARI Relasi Stasiun Tegal – Stasiun Gambir
ü  KA 59, jam berangkat st.tegal 06:00 WIB, tiba di stasiun gambir 10:33 WIB
ü  KA 65 jam berangkat dari st.tegal jam 16:30 WIB, tiba di stasiun gambir jam: 21:11 WIB
Jadwal KA TEGAL BAHARI Relasi Stasiun Gambir – Stasiun Tegal
ü  KA 62 , jam berangkat dari st. Gambir jam 11:10 WIB, jam datang di stasiuin tegal jam 15:21 WIB
ü  Ka 66, jam berangkat dari stasiiun gambir jam 18:35 WIB, tiba di stasiun tegal jam 22:48 WIB.

Diharapkan dengan peluncuran KA Tegal Bahari ini, perkembangan transportasi perkeretaapian di wilayah Kota Tegal dapat semakin berkembang, seiring dengan peningkatan animo masyarakat Kota Tegal terhadap kebutuhan akan layanan transportasi massal berbasiskan rel ini. 

TEGAL POKOKE JOOOOOOOSSSS :-D

1 komentar: